8/21/2017

Pesta - pengertian,jenis,contoh

       
         Apa yang selama ini kalian ketahui tentang pesta?pengertian?jenis pesta? banyak pesta yang ada di indonesia. umumnya diselenggarakan secara meriah. dan tingkat keberhasilan suatu pesta ditentukan oleh panitia pesta. NAH, (hal2makanan) akan menjelaskan topik ini secara sederhana dan mudah dipahami oleh semua pihak.

A. PENGERTIAN PESTA
     Pesta adalah sebuah perayaan untuk memperingati kejadian atau peristiwa tertentu dengan suasana yang bahagia dan meriah dengan ditemani makanan dan minuman (sesuai jenis acaranya) serta susunan acara yang sesuai dengan kreatifitas panitia. ada pesta yang diadakan secara mewah, sederhana, dan tradisional. tamu akan diundang sebelum acara pada hari H dengan menyebar undangan secara lisan maupun tertulis.

B. JENIS - JENIS PESTA
     Pesta menurut jenisnya dibedakan menjadi tiga macam yaitu =



1. Pesta Resmi 
          pesta resmi,yaitu pesta yang bersifat formal dan membutuhkan persiapan yang matang serta penuh perhitungan. persiapan tersebut dapat meliputi (acara,bentuk,waktu,undangan,dekorasi). 
pesta resmi dibagi menjadi dua yaitu :


  • pesta resmi kenegaraan :

        pesta resmi kenegaraan adalah pesta yang diadakan oleh kepala negara untuk menjamu para pejabat negara atau tamu negara lain. berkaitan dengan urusan (pemerintahan, bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya ). Hidangan yang disajikan disesuaikan dengan tamunya yaitu jika tamunya berasal dari indonesia maka makanan yang disajikan adalah makanan indonesia, namun jika tamunya berasal dari negara asing maka hidangan yang disajikan adalah makanan indonesia yang dikolaborasikan dengan hidangan asing.






  • pesta resmi perseorangan :

         Pesta resmi perseorangan adalah pesta yang diadakan seseorang atau keluarga tertentu untuk memperingati suatu peristiwa formal nan khusus, contohnya pernikahan.
dan hidangan yang disajikan yaitu makanan yang sudah biasa dihidangkan sebagai hidangan peristiwa sesuai daerah tempat peristiwa tersebut terjadi.



2. Pesta Non Resmi
        Pesta tidak resmi, yaitu pesta yang dilaksanakan oleh tuan rumah karena suatu peristiwa yang telah mereka alami. peristiwa tersebut membahagiakan semua pihak yang bersangkutan dan menurut sebagian masyarakat pesta jenis ini tidak wajib dirayakan.
pesta resmi dibagi menjadi tiga yaitu :


  • pesta mitoni, selamatan kelahiran dan akikah :
        Pesta mitoni adalah pesta untuk merayakan tujuh bulan kehamilan dalam masyarakat jawa. pesta selamatan kelahiran adalah pesta untuk merayakan kelahiran seorang bayi. pesta akikah adalah pesta syukuran umat muslim untuk bayi pada hari ketujuh setelah kelahiran dengan memasak makanan berbahan dasar kambing muda.


  • pesta syukuran :
          Pesta syukuran adalah pesta yang dilaksanakan bila ada sesuatu peristiwa yang patut untuk diperingati dan disyukuri seperti(keberhasilan,kebahagiaan, kesehatan) dan menunya sederhana sesuai yang mengadakan.


  • pesta rekreasi  :
          Pesta rekreasi adalah pesta yang dapat dikunjungi oleh siapa saja asalkan orang tersebut membawa undangan. undangan dapat diperoleh dengan cara dibeli, diberi atau diundang. tujuan diadakan pesta ini yaitu untuk menggalang dana yang akan disumbangkan kepada panti asuhan atau korban bencana alam. 



3.  Pesta Biasa 
       Pesta biasa yaitu pesta yang dilaksanakan tidak dalam keadaan resmi dan tidak resmi karena sifatnya yang santai dan penuh kekeluargaan. tamunya-pun biasanya hanya sahabat dan keluarga saja. biasanya pesta yang satu ini diisi dengan hiburan dan permainan yang disiapkan pihak penyelenggara pesta itu. contohnya yaitu (pesta ulang tahun anak - anak maupun remaja).



NAH, itu saja pembahasan singkat tentang pesta yang berhasil hal2makanan rangkum secara ringkas dan mudah dipahami.
jika kalian suka blog ini jangan lupa like dan kalau kalian punya pertanyaan seputar topik ini silahkan komen di bawah ini ya.......??!!
TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar