8/21/2017

Makanan dan Diet untuk orang sakit

        

      Sejalan dengan semakin mapan-nya kehidupan manusia, kebutuhan makanan yang lebih baik meningkat. orang dalam keadaan tidak sehat atau sakit biasanya memiliki pantangan untuk makan beberapa jenis makanan tertentu. oleh sebab itu orang yang sakit dianjurkan diet dengan mengkonsumsi makanan tertentu sesuai dengan jenis penyakit yang diderita. nah hal2makanan akan membahas topik ini di bawah ini, silahkan di pahami ya..!

  • Tujuan 

          Bertujuan menormalkan kembali keadaan tubuh dan meminimalkan resiko yang mungkin dapat terjadi sehingga diharapkan dapat mengurangi penderitaan yang dialami seseorang terhadap penyakitnya.

  • Makanan untuk orang sakit 



          Ada anjuran dan pantangan tertentu bagi orang yang memiliki suatu penyakit. hal - hal tersebut bertujuan membantu kesehatan bagi si penderita.

Beberapa jenis penyakit dengan pantangan dan anjuran konsumsi makanan-nya sebagai berikut ini : 

  •  Gagal Ginjal :

         Penyakit gagal ginjal disebabkan oleh gangguan pada metabolisme tubuh serta alat pengatur keseimbangan cairan elektrolit sebagai akibat sisa metabolisme ( asam organik, asam urat, ureum ) dalam tubuh yang meningkat. 
ANJURAN = semua makanan boleh diberikan tidak menggunakan garam dan pengawet yang bisa memberatkan kerja ginjal dan menurunkan kadar ureum dalam darah.
PANTANGAN = semua jenis makanan yang mengandung garam, bumbu penyedap, cabai, merica, ubi - ubian, susu, jeroan, bersoda, cokelat, ragi, bayam, sawi, buah yang dikeringkan, dan kacang - kacangan.

  •  Diabetes Melitus :

         Hilangnya kemampuan tubuh dalam mengontrol glukosa di batas normal. bangian tubuh yang akan diserang biasanya adalah mata (katarak), kulit (gangren), ginjal, dan jantung. pencegahan dan penyembuhan penyakit ini dapat dilakukan dengan penyuluhan kesehatan, olahraga, insulin dan obat, diet.
ANJURAN = kebutuhan konsumsi penderita diabetes sama seperti orang normal, yaitu karbohidrat kompleks (60 - 70 %), protein (10 - 15 %), lemak tak jenuh seperti minyak zaitun dan kanola (20 - 25 %). makanan berserat seperti (sayur dan buah), hindari gula murni, gunakan gula alternatif.
PANTANGAN = jeroan, kolesterol tinggi, gula murni, serta makanan yang diawetkan dengan gula seperti sirop, manisan, susu kental manis, dll.


  • Diare :
     Diare berasal dari kata diarrola (bahasa yunani) yang berarti mengalir terus, merupaka suatu keadaan abnormal dari pengeluaran tinja yang frekuen karena penderita kekurangan cairan dalam tubuh yang berakibat kurangnya penyerapan air oleh usus besar.
ANJURAN = bersih, sehat, bergizi, lunak, air putih yang banyak,  makanan berserat, istirahat cukup, minum obat berdosis tepat.
PANTANGAN = makanan berlemak, alkohol, kafein, makanan penyebab gas berlebih seperti kacang - kacangan dan ub - ubian.

  • hati atau liver
         lever disebabkan oleh kesalahan makan makanan yang mengandung banyak zat lemak berakibat kantong empedu tidak dapat diemulsikan sehingga hati mengalami gangguan.
ANJURAN = cukup kalori / hidrat arang serta gula, cukup mineral, vitamin, natrium rendah, mudah dicerna.
PANTANGAN =makanan berlemak, asam, alkohol, pengawet, buah (durian,nanas,nangka,anggur).


  • Asam urat
          Asam urat adalah penumpukan kristal pada persendian akibat tingginya kadar asam urat akibat ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. penyakit ini dapat membuat sendi nyeri, bengkak, meradang, panas dan kaku. penyakit ini biasanya diderita pria tua usia 40 tahun dan wanita yang telah menopouse. bila dibiarkan penyakit ini dapat berkembang menjadi batu ginjal dan gagal ginjal.
ANJURAN = perbanyak minum air putih, berpasium tinggi (sayuran, kentang, avokad, susu, yogurt dan  pisang), buah yang kaya vitamin C  ( jeruk dan stroberi ).
PANTANGAN = obat penghilang rasa sakit yaitu aspirin (gunakan jenis ibuprofen dan lain-nya), alkohol, bersoda, es krim, kacang - kacangan, bayam matang dan sawi, melinjo, emping, bebek, kalkun, ikan - ikanan (salmon, makerel, sarden, kepiting, udang, dan beberapa ikan lain), tentunya makanan yang berasam tinggi seperti (bayam,daging- dagingan, jeroan, dll).


Nah itu saja penjelasan singkat ,mengenai makanan untuk orang sakit yang berhasil hal2makanan rangkum untuk pemirsa blog sekalian.
Jika kalian suka dengan blog - blog seperti ini jangan lupa like dan komen bila kalian mempunyai pertanyaan mengenai topik yang kita bahas di atas.....?!?!
TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar